BEBERAPA TEHNIK MEMBUAT ACUAN CETAK SCREEN PRINTING ( SABLON ) SECARA MANUAL

Di samping acuan cetak sablon yang biasa dibuat secara digital melalui proses film sparasi, dibawah ini akan diuraikan beberapa cara membuat acuan cetak sablon cecara manual. Yang tentu saja proses tersebut jarang kita jumpai dalam proses pencetakan sablon komersial. Pengetahuan tentang pembuatan acuan manual akan sangatlah berguna untuk menambah wawasan kita dalam rangka mengembangkan kreatifitas dan menggali keunggulan tehnik cetak sablon di bandingkan dengan tehnik cetak yang lain.

Drawing to film

Membuat acuan cetak sablon dengan cara membuat gambar langsung ke film ( astralon ) dengan menggunakan tinta opaque atau dengan cat acrylic. Tehnik semacam ini membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi untuk mendapatkan acuan cetak sablon yang sempurna.

Kepekatan tinta Opaque sering di manfaatkan dalam dunia percetakan. Tinta jenis ini biasa digunakan untuk menutup film cetak ( baik itu cetak saring maupun datar ) yang cacat karena tidak kita kehendaki, terutama warna blok. Untuk saat ini jenis tinta seperti ini jarang sekali kita temui karena berkembangnya tehnologi cetak yang mengarah pada proses digital. Proses cetak offset Computer to Plate ( CTP ) jelas-jelas tidak membutuhkan kelebihan dari tinta opaque, karena sudah tidak lagi menggunakan media film separasi untuk mengexpose plate apa lagi digital printing.

Drawing to screen

Membuat acuan cetak sablon dengan cara membuat gambar langsung ke screen cetak menggunakan emulsi sablon seperti Ulano. Dengan menggunakan tehnik ini kita sudah tidak lagi melalui proses yang dinamakan Emulsion Expose to Screen. Cara yang digunakan hampir sama seperti membuat gambar langsung ke film, yaitu dengan mentracing gambar atau desain yang kita buat dikertas langsung ke screen.

Stencil

Cara ini agak berbeda dengan kedua tehnik diatas. Tehnik ini sangat sederhana dan paling kuno dalam proses penyablonan. Kita cukup membuat pelapis yang kita lubangi berdasarkan gambar yang kita inginkan kemudian kita tempelkan pada permukaan screen. Sehingga waktu proses pencetakan cat yang kita tuang di screen lewat melalui lubang-lubang gambar yang telah kita buat. Di dalam proses ini tidak dibutuhkan emulsi untuk mengexpose screen, karena fungsi tersebut sudah digantikan oleh lapisan ( kalau kita menggunakan tinta water base dibutuhkan pelapis yang tahan terhadap air begitu juga sebaliknya ) yang kita lubangi.

About these ads

About printmania

Printing technique is an important part of graphic design, so that we can create an effective design of the print production side
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s